Resep - Cara Membuat Waffle Crispy

Di samping pancake, makan waffle saat makan pagi disukai umumnya orang. Struktur lembut waffle hangat berbarengan lumeran cokelat maupun selai betul-betul lezat. Waffle bukan hanya popular di Amerika, di negeri Belgia serta Hongkong juga mempunyai varian yang khas. Kombinasi telur, tepung terigu beserta susu di buat dengan cetakan besi bermotif dihasilkan hidangan yang lembut lezat. Topping bisa sesuai keinginan.
1. American Waffles
Beda mendasar dari waffle buatan Amerika adalah adonannya. Racikan waffle Amerika sederhana saja yakni terbuat dari tepung terigu, baking powder, susu, butter, gula pasir, telur dan garam. American waffle ini garing di bagian luar serta empuk sisi dalamnya.

2. Belgian Waffles
Meski waffle sudah popular di Belgia sejak era 19, walau demikian Belgian waffles baru benar-benar di kenal pada th. 1964. Maurice Vermersch, seseorang yang memiliki rumah makan coba tawarkan makanan dengan nama Brussels waffles saat aktivitas World’s Fair di New York. Beberapa konsumen tidak tahu bila kota Brussels itu ada di Belgia, Vermersch ganti nama makanan itu juga sebagai Belgian waffles. Daripada American waffles, Belgian waffles condong lembut serta lekukan pada permukaannya lebih dalam.

3. Gai Daan Jai
Makanan Gai daan jai atau diberi nama sebagai eggettes yaitu makanan kaki lima populer di Hongkong. Gai daan jai sesungguhnya adalah waffle yang tampak mirip telur lembut sebagai satu beserta adonan renyah. Makanan ini di proses menggunakan adonan manis memiliki bahan telur yang dipanggang pada wajan berlekuk sama bentuk telur.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

3 ons tepung terigu protein sedang
90 g tepung maizena
1 sdt garam
1, 5 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1/2 liter susu cair
1 sdt cuka
100 cc minyak goreng
3 butir telur dipakai kuningnya
3 putih telur
30 g gula halus

Bahan bahan isi :

30 g butter
50 cc krim kental
150 g dark baking chocolate
50 g selai kacang


  • Campur jadi satu bahan kering sambil diayak.
  • Campur susu, cuka, minyak goreng dan kuning telur. Aduk-aduk rata. Imbuhkan pada adonan bahan kering sedikit sedikit sambil diaduk-aduk pelan-pelan.
  • Putih telur dikocok sampai agak mengembang. Masukkan gula halus. Kocok lagi sampai mengembang penuh.
  • Imbuhkan sedikit untuk sedikit pada adonan nomor 2 sambil diaduk pelan-pelan.
  • Panaskan cetakan waffle kotak yang sudah diolesi margarin. Tuang adonan. Tutup serta tunggulah sampai masak.
  • Membuat isi, lelehkan butter serta krim kental seraya diaduk-aduk. Imbuhkan dark baking chocolate beserta selai kacang. Aduk-aduk sampai cokelat larut.
  • Oleskan segi atas waffle memakai adonan isi. Tutup memakai waffle lain. Sajikan berbarengan taburan gula tepung.