Resep - Cara Membuat Bakso Sapi

Bakso merupakan satu di antara hidangan khas tanah air yang begitu nikmat dan lezat disantap. Makanan yang di sajikan dengan kuah panas ini nyaris ada di semua tempat. Lihat saja deretan penjual bakso kaki lima di sepanjang jalan, atau juga menu bakso yang di sajikan di resto spesial bakso. Bakso tidak hanya disenangi oleh golongan muda, orangtua juga sangat menyukai makanan berkuah panas ini terlebih bila ditambah sambal pedas pada kuahnya pasti menaikkan selera makan. Bakso paling murah di jual dengan harga 10 ribu satu mangkuk. Untuk bakso sekelas resto jadi dapat mencapai 30 hingga 50 ribu satu mangkoknya.
Resep Masakan, Resep Makanan, resep kuah bakso,resep bakso sapi kenyal,resep bakso sapi,resep bakso solo,resep bakso ayam,resep bakso ikan,resep bakso kenyal,resep bakso goreng,
Resep - Cara Membuat Bakso Sapi
Selain harga yang murah, bakso juga memiliki rasa yang lezat menyegarkan. Bakso yang banyak di jual biasanya dari daging sapi. Rasa daging sapi pada bakso begitu khas terlebih bila dikonsumsi di saat udara dingin, sungguh terasa nikmat. Cara membuat bakso sapi yang nikmat, sebenarnya gampang. Para ibu dapat membuat sendiri bakso sapi dirumah untuk keluarga. Mau tahu cara membuat bakso sapi? Siapkan dulu bahan bahan yang dibutuhkan.

Bahan bahan yang diperlukan :

500 gr daging sapi yang telah digiling
50 gr tepung kanji
3 siung bawang putih
1 sdm garam atau sesuai kebutuhan
1/2 sdt bubuk merica
Vetsin seperlunya saja

  • Tumbuklah bawang putih sampai halus.
  • Tambahkan bawang putih yang sudah halus tadi pada campuran daging sapi giling, merica bubuk, vetsin, tepung kanji dan garam.
  • Uleni adonan itu sampai semua bahan tercampur merata.
  • Sesudah itu buatlah bulatan dengan memakai tangan, besar kecilnya sesuai selera anda, namun jangan terlalu besar agar dapat matang dengan merata.
  • Setelah semua adonan dibuat bulatan bulatan, tempatkan dalam air panas, selanjutnya rebus sampai matang. Ciri bakso itu sudah matang ialah mengambang pada permukaan air. Perebusan umumnya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.
  • Ambil bakso yang sudah matang dan tiriskan.
Dan sekarang kita siapkan kuah baksonya. Bahan bahan yang dibutuhkan yaitu :

Tulang sapi secukupnya
Air
3 siung bawang putih digoreng dan lalu dihaluskan
2 siung bawang merah digoreng dan lalu dihaluskan
1 sendok teh gula pasir
1/2 sendok makan garam
1/2 sendok teh lada bubuk
2 helai daun bawang ambil batangnya dan rajang kecil kecil.
1 sendok teh kaldu sapi kemasan.

Cara membuat kuah bakso sapi :
  • Masak air beserta tulang sapi dan tambahkan semua bumbu.Masak hingga mendidih dan tulang sapi matang.
  • Apabila sudah matang, kecilkan api dan kuah bakso sudah siap disajikan.
  • Sebagai pelengkap anda bisa menambahkan bawang goreng, tahu goreng, irisan seledri, saus sambal, kecap dan lain sebagainya supaya lebih nikmat.