Laman

Senin, 12 Oktober 2015

Resep - Cara Membuat Cakwe Gurih

Makanan cakwe memang tidak sebagai makanan utama walau demikian cakwe nyatanya sangat disukai banyak orang. Sebutan lain kue cakwe yakni Yu Tiao. Cakwe yang bagus biasanya memiliki rongga di bagian dalam, mempunyai wangi khas dan tidak liat ketika dikunyah. Adonan cakwe yang benar akan mengembang sempurna beberapa waktu setelah digoreng dalam minyak panas. Cakwe dapat pula dikonsumsi bersama berbagai topping. Bisa memakai topping dengan rasa manis Sama cokelat, rum vla, dan lainnya. Bisa juga menggunakan topping dengan rasa asin contohnya keju, mayonaise, dan lainnya. Tapi bisa juga disajikan tanpa berbagai topping dan hanya disertai saus dan sambal botol. Cakwe juga kerap digunakan sebagai pelengkap menu bubur ayam dan berbagai jenis bubur lain.
Resep - Cara Membuat Cakwe Gurih
Cakwe ini biasanya dijajakan di pinggir jalan bersama bolang baling. Anda dan keluarga pastinya merupakan penikmat kue gurih yang satu ini. Tersebut disini cara membuat cakwe yang bisa anda praktekkan sendiri dirumah :

Bahan bahan yang diperlukan :

250 g tepung terigu
1 sdt garam
1/2 sdm baking powder
1 sdm soda kue
200 ml air
Minyak goreng secukupnya.


  • Masukkan baking powder, garam dan soda kue pada baskom kemudian tambahkan air, aduk hingga merata. Tambahkan tepung terigu, aduk lagi sampai merata. Diamkan selama 15 hingga 20 menit.
  • Ambillah adonan yang ada di tepi baskom kemudian pindah ke tengah adonan. Diamkan dalam 10 sampai 15 menit. Lakukan 3 sampai 4 kali hingga adonan terlihat halus dan kenyal.
  • Baliklah adonan dan oleskan sejumlah kecil minyak pada permukaan agar adonan selalu lembab. Biarkan selama satu jam
  • Ambil adonan selanjutnya selubungi menggunakan plastik dan biarkan lagi paling lama dalam 4 jam.
  • Setelah 4 jam buka plastik pembungkus dan menggunakan batang kayu bulat yang bersih tekan tekan adonan dan bentuk memanjang dengan ukuran lebar 6 cm dan ketebalan 1,5 cm.
  • Iris adonan tadi dengan lebar 0.75 cm hingga habis. Selanjutnya satukan satu potongan dengan potongan lain dengan cara menekan bagian tengah yang memajang itu menggunakan tusuk sate. Dengan begitu kedua potongan itu melekat menjadi satu. Lakukan samapi habis.
  • Panaskan minyak goreng dan goreng adonan cakwe menggunakan api kompor sedang. Caranya tarik kedua ujung adonan hingga kurang lebih 20 cm namun tidak boleh putus, selanjutnya masukkan dalam minyak panas. Gorenglah cakwe hingga mengembang dan berwarna kuning kecokelatan.
  • Cakwe yang gurih siap untuk dimakan. Santap selagi hangat dengan ditemani segelas teh hangat bersama keluarga tercinta tentunya sangat mengasyikkan. Nah selamat mencoba!

Share this: