Resep - Cara Membuat Coklat Praline

Nyaris semua orang senang makan coklat. Coklat dengan rasa manis sedikit pahit membuat sensasi sendiri ketika mulai lumer di lidah. Ada banyak jenis coklat dan satu diantaranya yaitu coklat Praline. Anda senang menyantap coklat Praline? Coklat Praline merupakan coklat imut yang memiliki isi yang berbagai macam serta di buat dengan bermacam bentuk. Anda bisa membuat cokelat praline dirumah yang memiliki rasa sama seperti coklat Praline yang di tawarkan di hotel. Simak cara membuat coklat Coffee Praline di bawah ini :

Bahan bahan yang diperlukan :

1/2 kg fresh krim.
25 gr kopi instan.
600 gr bittersweet chocolate.
100 gr mentega.
Cetakan piping bag yang memiliki bermacam bentuk.


  • Masukkan fresh cream serta kopi instan, panaskan hingga kopi larut. Aduk terus sampai kopi tak menggumpal. Dinginkan.
  • Potong bittersweet chocolate dengan ukuran kecil, selanjutnya dilelehkan dalam panci yang diletakkan di atas air panas. Varian coklat tersedia ada dua yaitu coklat compound dan coklat coverture. Coklat compound berasal dari minyak kelapa sawit, sementara coklat coverture yang berasal dari coklat asli.Upayakan panci untuk melelehkan cokelat lebih besar ketimbang wajan berisi air panas supaya percikan dan uap air tak masuk dalam panci coklat yang akibatnya coklat menjadi berlubang ketika dingin.
  • Sesudah coklat lumayan dingin, masukkan unsalted butter alias mentega tawar.
  • Sediakan cetakan, selanjutnya siram coklat pada cetakan. Rapikan coklat yang keluar cetakan menggunakan spatula. Diamkan kurang lebih 3 menit.
  • Tuangkan lagi adonan coklat dari cetakan pada wadah coklat, dengan begitu selanjutnya akan dihasilkan cetakan tipis coklat. Diamkan pada temperatur ruang. Sesudah adonan coklat dituangkan pada cetakan, ketuk cetakan beberapa kali supaya tak ada gelembung udara yang terperangkap yang mengakibatkan coklat menjadi berlubang.
  • Persiapkan adonan untuk isian yaitu campuran kopi instan dan fresh cream. Jika Anda gemar dengan cream kacang, pakai saja selai kacang jadi atau menurut keinginan Anda. Isikan dalam plastik segitiga.
  • Tambahkan adonan isi memakai piping bag ke cetakan. Cek dulu bahwa adonan kulit dari coklat sudah menjadi keras.
  • Lapisi lagi menggunakan adonan coklat. Menggunakan spatula, rapikan pinggiran coklat. Selanjutnya diamkan pada temperatur ruang paling lama dalam 15 menit. Jika Anda mau coklat tampak mengkilap ketika dihidangkan, tempatkan saat itu juga dalam freezer. Temperatur ekstrem akan mengakibatkan coklat tampak mengkilap.
  • Sesudah coklat mengeras, coklat siap dicopot dari cetakan. kemudian Hidangkan.
Meskipun cara membuat coklat Praline berkesan lama dan repot, tapi hasil yang akan anda dapatkan pasti akan membuat anda puas dengan menikmati coklat lezat hasil olahan sendiri. Selamat nikmati nikmatnya coklat bersama keluarga tercinta.