Resep - Cara Membuat Es Teler

Tinggal di wilayah tropis seperti di Indonesia, minuman es merupakan minuman kesukaan sepanjang masa. Lain bila di banding dengan es krim, banyak variasi minuman es asli Indonesia yang mengunggulkan aneka jenis buah segar lokal. Satu di antara minuman es yang sangat mudah didapati di mana pun yakni es teler. Sebutan es teler ini dapat dikatakan sudah jadi nama umum untuk ramuan minuman es. Malah kata es teler dipakai juga sebagai merk untuk suatu usaha waralaba. Tahukah anda darimana sebenarnya asal muasal arti es teler itu
Resep Minuman, rahasia resep es teler 77, resep es campur, koleksi resep keluarga nugraha, resep es teler santan, resep es teler 77, resep es teler spesial, resep es teler gula merah, resep es teler durian,
Resep - Cara Membuat Es Teler
Ialah seorang wanita bernama Samijem Darmowiyono dari daerah Sukoharjo, Jawa Tengah tahun 1967 berdagang es dengan aneka buah di dalamnya di pinggir Jalan Cilacap, Menteng, Jakarta Pusat. Ibu Samijem memberi nama ramuan esnya dengan es campur. Isi es itu memang kombinasi dari beragam buah misalnya serutan kelapa muda,buah alpukat, nangka, kolang-kaling, pepaya dan nanas. Selanjutnya ditambahkan es plus susu kental manis. Saat itu Ibu Samijem berjualan es campur bersama sang suami yang kini sudah meninggal. Ibu samijem sambil berdagang rokok dengan mendirikan warung kecil di Jalan Cilacap tersebut. Ia kemudian berpikir menambah dagangannya dengan berjualan es campur. Keduanya masih berjualan menggunakan termos saat itu.

Tidak dinyana, es ramuannya digemari banyak orang, lebih-lebih kalangan mahasiswa di sekitar warung. Tak tahu bagaimana sejumlah mahasiswa tadi memberi nama es campur Ibu Samijem dengan nama es teler. Ibu Samijem menuturkan bahwa yang menamakan demikian adalah mahasiswa Kedokteran Universitas Indonesia.

Waktu terus berjalan dan es teler Ibu Samijem semakin popular. Karena konsumen sering memesan es teler dengan permintaan yang macam macam, tanpa buah ini tanpa buah itu akhirnya ia menggunakan 3 jenis buah saja yang paling disenangi yakni serutan kelapa muda, irisan nangka, serta buah alpukat. Hingga sekarang es teler yang disebut Es Teler Sari Mulia memakai ketiga jenis buah itu menjadi ramuan paling utama es teler. Es Teler Sari Mulia sekarang buka di area Bioskop Megaria, Jakarta Pusat. Pada lokasi itu, Es Teler Sari Mulia satu tempat bersama ayam bakar solo. Nah anda sekarang sudah paham asal usul es teler. Saatnya anda membuat sendiri es teler nikmat sekelas buatan Ibu Samijem.

Bahan bahan :
  • 1 butir kelapa muda diserut
  • 1 buah alpukat diserut
  • 10 potong nangka yang dipotong kecil
  • 15 butir kolang kaling dipotong potong kecil
  • 1/2 liter sirup
  • 5 sendok makan susu kental manis
  • Es serut seperlunya
Bahan untuk membuat sirup :
  • 400 cc air kelapa
  • 100 gr gula pasir 

  • Isikan dalam gelas saji serutan kelapa muda, serutan buah alpukat, potongan nangka dan potongan kolang kaling. Siram dengan sirup yang sudah dibuat tadi dan tambahkan susu kental manis.
  • Tambahkan es serut sesuai selera.