Resep - Cara Membuat Fla Puding Coklat Saus vanilla

Bingung menentukan menu untuk anak-anak dan keluarga anda? Takut pada jajan pasar yang tidak terjamin kebersihannya? Penyelesaiannya ya membuat sendiri menu untuk keluarga Anda. Coba dengan memproses sajian sehat, bernutrisi dan tentunya lezat. Membuat fla puding coklat bisa jadi pilihan cocok. Di samping cita rasanya yang pasti disukai anak anak, membuat fla pudding coklat juga gampang.
Resep - Cara Membuat Fla Puding Coklat Saus vanilla

Puding adalah sebutan untuk bermacam makanan penutup yang umumnya di proses dari aneka bahan yang dimasak, dikukus maupun dipanggang. Nama puding juga kerap dipakai pada beberapa jenis pai dengan isi lemak hewan, daging ataupun aneka buah yang dipanggang. Puding umumnya berbahan baku susu atau yoghourt, tapioka, tepung maizena maupun telur yang di sajikan setelah didinginkan terlebih dahulu. Puding sejenis ini cita rasanya manis dengan rasa karamel, coklat, vanila ataupun buah. Puding agar-agar di proses lewat mencampurkan agar-agar dan susu, telur kocok maupun tepung maizena, Puding agar-agar sering di sajikan bersama saus yang dinamakan fla. Sekarang ini sudah banyak juga ada tepung puding instan yang mempermudah orang membuat puding sebab cuma perlu ditambahkan susu ataupun air panas.

Di tanah air kita sendiri ditemukan bermacam jenis puding dengan citarasa tradisional dengan memakai gula merah, kelapa muda, santan, tapai ketan hitam ataupun pengharum daun suji atau daun pandan. Aneka buah untuk puding misalnya yaitu nanas, jeruk, mangga, markisa serta sirsak. Berikut salah satu resep fla puding yaitu fla puding coklat

Bahan bahan yang diperlukan :

2 sachet agar-agar coklat
100 g gula pasir
600 cc susu cair coklat
100 g coklat masak yang telah dilelehkan
1 sdt pasta coklat
Garam seperlunya

Bahan bahan untuk saus puding :

1/4 l susu cair
1 sdt tepung maisena
50 g gula pasir putih
Garam sesuai selera
1/4 sdt vanilli serbuk
1 butir telur di ambil kuningnya saja dan dikocok 


  • Campurkan jadi satu agar agar, susu cair, garam dan gula pasir. Aduk aduk dengan rata dan masak menggunakan api sedang sampai mendidih seraya diaduk supaya tak pecah.
  • Tambahkan coklat masak leleh, panaskan terus sampai coklat larut menjadi satu. Matikan api dan masukkan pasta cokelat kemudia aduk dengan rata.
  • Tuangkan adonan puding dalam cetakan yang sudah dibasahi dengan air. Tempatkan dalam freezer hingga membeku.
  • Cara membuat saus, masak susu, gula pasir, tepung maizena, vanilli dan garam sampai mendidih. Ambil satu sendok adonan itu dan siramkan pada kuning telur kemudian kocok hingga rata.
  • Tuangkan lagi kocokan kuning telur dalam adonan susu tadi. Masak sampai mendidih dan mengental sembari terus diaduk. Sisihkan agar mendingin.
  • Ambil puding dari cetakan, hidangkan puding bersama siraman saus vanilla.