Resep - Cara Membuat Getuk Lindri

Getuk adalah jenis makanan dengan bahan utama dari ketela pohon atau singkong. Getuk merupakan makanan yang kerap didapati di daerah Jawa Tengah ataupun Jawa Timur. Pemrosesan getuk berawal dari singkong yang dikupas setelah itu dikukus atau di rebus dan setelah masak ditumbuk atau digiling lalu ditambahkan gula plus pewarna makanan. Untuk penyajian biasanya dengan taburan parutan kelapa.
Resep Makanan, resep getuk lindri ncc,resep getuk lindri yang enak,resep membuat getuk lindri,getuk lindri keju,resep getuk singkong,resep masakan getuk lindri,berita getuk lindri,resep getuk coklat,
Resep - Cara Membuat Getuk Lindri

Getuk ada dua jenis yaitu : pertama adalah getuk biasa, yakni singkong yang telah direbus dan masih panas kemudian diberi taburan serutan atau potongan kecil gula jawa hingga getuk berwarna coklat tak merata. Tekstur getuk ini biasanya masih kasar karena memang tak ditumbuk halus. Kedua adalah getuk lindri yaitu singkong yang telah direbus selanjutnya digiling halus bersama gula pasir, ditambahkan pewarna makanan plus vanili dan sesudah itu dicetak menggunakan cetakan mie sehingga berbentuk memajang yang mempunyai tebal kurang lebih 2 cm lebar 4 cm. Kemudian diiris-iris dengan ukuran 4 x 5 cm. Penyajian dengan ditaburi parutan kelapa.

Getuk lindri populer dikarenakan cita rasanya yang empuk serta nikmat. Dengan aneka warna memikat dan manis. Disajikan menggunakan taburan kelapa parut yang sedap. Di samping cita rasanya yang luar biasa, getuk lindri juga popular dikarenakan suatu ciri khas. Penganan ini umum di jual dengan memakai gerobak ditemani suara tembang Jawa ataupun lagu dangdut menggunakan volume yang kencang. Sehingga hadirnya penjual getuk lindri bisa dikenali dari bunyi musik yang berasal gerobak dorongnya. Cara membuat getuk lindri ternyata tak sulit. Kue ini cocok bila disajikan saat tamasya bareng keluarga. Parutan kelapa yang ditaburkan diatasnya menjadikan penganan ini semakin gurih saat dikonsumsi.

Bahan bahan yang diperlukan :

1/2 kg singkong yang telah dikupas
100 g gula pasir
75 g kelapa parut yang telah dikukus selama 5 menit
1/2 sdt vanili
5 tetes pewarna makanan hijau
5 tetes pewarna makanan merah

Bahan bahan untuk taburan :

Kelapa parut 200 g
Garam 1/2 sdt 


  • Pertama tama singkong dikukus hingga matang dan empuk. Singkong rebus kemudian ditumbuk atau digiling.
  • Campurkan menjadi satu gula pasir, kelapa parut dan vanili sembari diaduk aduk terus sampai gula tercampur rata.
  • Tambahkan campuran gula tadi pada singkong yang sudah ditumbuk tadi. Uleni sampai tercampur rata. Buat adonan jadi 3 bagian. Tiap-tiapnya ditambahkan pewarna makanan merah dan hijau sedang satu bagian tetap berwarna putih. Uleni lagi tiap-tiap bagian adonan.
  • Dengan menggunakan gilingan getuk lindri, giling tiap tiap adonan tadi. Kemudian gulung dan iris iris.
  • Untuk taburan, kukus dahulu sampai matang kelapa parut yang telah diberi garam kemudian sisihkan.
  • Hidangkan getuk lindri dengan diberi taburan kelapa parut.