Resep - Cara Membuat Jamur Crispy Renyah Dan Gurih

Jamur termasuk juga bahan makanan yang lezat. Beragam jenis jamur bisa sebagai pengganti protein hewani karena cita rasanya mirip. Walau demikian ada pula jamur yang tidak bisa dikonsumsi manusia. Saat ini ada beragam jenis jamur yang di jual pada pasar tradisional dan supermarket. Jamur jamur itu mempunyai kandungan senyawa sterol yang dipercaya dapat mencegah tumbuhnya sel kanker pada usus besar. 
1. Jamur Kancing
Jamur kancing gampang dijumpai di supermarket. Tampilannya bulat serupa kancing dan kerap digunakan dalam lumpia isi kornet jamur atau masakan barat semacam pastry.

2. Jamur Tiram
Berwarna putih, bergerombol dan lebar. Tidak sedikit ibu ibu yang menggemari jamur ini guna digunakan sebagai masakan jamur crispy yang gurih dan renyah. Di samping itu jamur tiram pun dapat dibuat masakan dengan sambal.

3. Jamur Merang
Jamur dengan bentuk bulat telur ini tak gampang berubah bentuk ketika diolah. Di samping itu cita rasanya juga lezat dan gurih. Bagi Anda yang memerlukan asupan kalsium, tiada jeleknya bila mengkonsumsi jamur ini, sebab kadar phospor dan kalsiumnya pun berjasa untuk tubuh.

4. Jamur Kuping
Kendati warna coklatnya tampak tak menarik akan tetapi jamur ini sangat lezat dimakan. Jamur ini mampu meredakan panas dalam, dapat Anda buat jadi es jamur kuping ataupun cah brokoli jamur.

5. Jamur Shitake
Sering dipakai pada hidangan Jepang. Akan tetapi untuk memakan jamur shitake ini harus hati hati sebab jamur ini hampir serupa pnampilannya dengan jamur beracun 'Omphalotus guepiniformis. Untuk itu jika Anda hendak membeli jamur shitake, ada baiknya lebih cermat.

Dan kesempatan ini kita bakal mengulas cara membuat jamur Crispy yang renyah dengan dicocol pada saos sambal bahkan mayonaise. Daripada beli Jamur Crispy di supermarket, Anda bisa mengolahnya sendiri dirumah. Rasa jamur Crispy buatana anda tidak kalah enak di banding Jamur Crispy yang di tawarkan di supermarket.

Bahan bahan yang dipakai :
100 g jamur tiram yang sudah dicuci, diperas dan lalu disuwir suwir menurut keinginan
Minyak untuk menggoreng seperlunya

Campur semua bahan pencelup di bawah ini :
25 g tepung terigu
1/4 sendok teh baking powder
Garam secukupnya
Merica serbuk secukupnya
1 siung bawang putih dihaluskan
75 cc air

Campur semua bahan bahan untuk tepung pelapis di bawah ini :
125 g tepung terigu
15 g tepung maizena
1/4 sendok teh baking powder
1/4 sendok teh serbuk kaldu ayam
1/4 sendok teh serbuk merica
1/4 sendok teh garam

Bahan untuk cocolan : saos sambal mau pun mayonaise


  • Suwiran jamur tiram dicelup ke dalam bahan pencelup kemudian angkat.
  • Guling gulingkan jamur tiram demi tepung pelapis dimana seluruh bagian jamur mesti tertutup tepung.
  • Panaskan minyak goreng dan goreng jamur tiram sampai kuning kecoklatan. Ambil dan kemudian ditiriskan.
  • Hidangkan jamur Crispy beserta cocolan saos sambal maupun mayonaise.