Resep - Cara Membuat Klepon Legit

Type kue basah yang satu ini begitu populer di Indonesia dan termasuk juga satu di antara makanan khas Indonesia yakni Klepon. Klepon adalah type kue basah berupa bulat kecil, dengan warna biasanya hijau. Walau demikian sekarang ini muncul variasi warna contohnya klepon warna kuning, merah, putih, dan yang lain. Klepon bisa di buat dari tepung ketan, tepung ubi ataupun tepung singkong di mana di dalamnya diisi cairan gula merah yang menyebabkan rasa manis. Di samping itu dilengkapi dengan taburan parutan kelapa yang akan menjadikannya semakin terasa nikmat dan lezat. Klepon kerap dijajakan di daerah pecinan juga pasar pasar tradisional dengan harga terjangkau tentunya.

Resep - Cara Membuat Klepon Legit

Di daerah Sumatera dan Malaysia, klepon ini disebut dengan onde onde, sesaat di daerah Jawa serta beberapa lokasi Indonesia kue yang disebut onde onde adalah kue bulat dari tepung beras yang memiliki isi adonan kacang hijau dan ditaburi dengan biji wijen. Beda nama pada di daerah Jawa dan Sumatera ini acapkali jadi sebab kesalahan serta kerancuan menjelaskan makna onde-onde. Klepon lazim di jual bersama getuk dan cenil yang merupakan camilan pada saat pagi ataupun sore hari. Kesempatan ini kita akan membuat sendiri klepon legit dirumah. Sebab itu siapkan dahulu bahan bahannya.

Bahan bahan untuk kulit klepon :

200 gr gula pasir
300 cc air
100 cc air daun suji yang di buat dari 50 lembar daun suji serta 2 lembar daun pandan, diblender lalu disaring
1/2 sendok teh garam
400 gr tepung ketan
60 gr mentega
200 gr parutan kelapa

Bahan bahan untuk isi klepon :

1/2 kg kentang dikukus dikupas dan lalu dihaluskan
200 cc santan
100 gr gula pasir
2 lembar daun pandan
1/2 sendok teh garam



- Untuk membuat isi, campur jadi satu seluruh bahan untuk isi, panaskan menggunakan api kecil hingga kalis. Tunggu sampai dingin. Buat bulatan bulatan kecil kurang lebih ukuran 1/2 sendok teh.

- Untuk membuat kulit, masak gula dan 300 cc air hingga gula larut dan dihasilkan cairan sebanyak 200 cc. Sisihkan. Masukkan air daun suji beserta garam kemudian aduk hingga rata. Tuangkan pada tepung ketan dan aduk hingga merata. Kukus kurang lebih 20 menit. Sisihkan.

- Masih panas, kocok menggunakan mixer sembari dimasukkan mentega hingga adonan jadi kalis. Biarkan adonan mendingin sebelum dibuat bulatan.

- Ambillah sejumlah kecil adonan dan buat bentuk pipih. Tambahkan isi dan buat bentuk bulatan. Guling gulingkan pada parutan kelapa.

- Klepon legit siap dihidangkan dengan pelengkap secangkir teh hangat dinikmati bersama anggota keluarga tercinta sungguh terasa nikmatnya. Selamat mememasak!