Resep - Cara Membuat Mie Basah


Mie basah merupakan satu di antara varian mie yang populer dan disukai masyarakat. Mie basah sebagian besar dihasilkan dari usaha rumah tangga, usaha kecil dan menengah. Dua jenis mie basah yang popular di masyarakat adalah mie mentah (raw noodle) dan mie rebus (cooked noodle). Mie basah mentah di pasarkan dengan bentuk fresh maupun dengan bentuk sudah masak misalnya mie ayam. Mie basah mentah pun banyak dimasak jadi bermacam hidangan taraf rumah tangga. 

resep mie basah mentah,resep mie basah untuk mie ayam,resep mie basah goreng,resep mie basah kuah,resep mie basah tanpa air abu,resep membuat mie basah,resep masak mie basah,
Resep - Cara Membuat Mie Basah

Dengan tidak diberi tambahan bahan pengawet, waktu simpan mie basah mentah cukup singkat yakni lebih kurang 16 hingga 20 jam bila diletakkan dalam temperatur kamar. Penyebab kerusakan khususnya yaitu kegiatan bakteri pembusuk yang di dukung oleh sejumlah aspek diantaranya yaitu : banyak kandungan air dalam mie basah, kegiatan air (aw) dan tingkat keasaman mie basah. Juga tata cara pembuatan mie basah yang tidak begitu memedulikan kebersihan dan higenitas termasuk situasi produksi, perlakuan distribusi, penyimpanan dan pemasaran di temperatur ruang.

Singkatnya waktu simpan mie basah yang pendek menjadi persoalan tersendiri untuk produsen, lebih-lebih jika mie basah hendak dipasarkan dengan bentuk fresh. Sebab itu, pemanfaatan zat pengawet acapkali sebagai opsi terakhir produsen guna memperpanjang waktu simpan mie basah. Namun sangat disayangkan, dari sejumlah laporan dijumpai terdapatnya pemakaian bahan pengawet yang bisa mengancam kesehatan pembeli misalnya saja borax maupun formalin yang banyak digunakan untuk meningkatkan tekstur dan waktu simpan mie basah mentah. Nah daripada anda sangsi dengan mie basah yang anda beli di pasar, kenapa anda tak membuat mie basah sendiri di rumah? Cara membuat mie basah itu mudah kok dan tak memerlukan waktu yang lama. Selain untuk menambah kegiatan sehari hari, mie basah buatan anda dijamin bebas dari bahan pengawat berbahaya. Yuk kita siapkan dulu bahan bahannya.

Bahan bahan pembuatan mie basah :

1/2 kg tepung terigu
3 butir telur ayam
25 ml air soda yang dapat di buat dengan melarutkan 1 sendok teh soda dalam 25 ml air
100 ml air matang
1 sdt garam



- Mixer atau kocok manual telur bersama air selanjutnya tambahkan air soda.
- Tepung terigu dibuat bentuk gundukan dan buat lubang pada tengah tengahnya.
- Tambahkan adonan telur dalam tepung terigu tersebut dan uleni hingga tercampur dengan rata.
- Tempatkan dalam kain bersih dan bungkus rapat adonan mie. Adonan kemudian ditekan tekan kurang lebih 20 menit hingga tak terlihat pecah lagi.
- Iris jadi 4 bagian dan taburkan tepung terigu supaya mie tak lengket
- Adonan mie kemudian digiling menggunakan gilingan mie.
- Mie basah siap dimasak menjadi beraneka olahan mie basah yang lezat.