Resep - Cara Membuat Otak Otak

Otak otak adalah makanan khas 3 negara yakni Indonesia, Singapura dan Malaysia. Otak otak di proses menggunakan bahan utama ikan tengiri yang dibungkus menggunakan daun pisang lalu dipanggang. Di negara Malaysia, daerah Muar termasyhur dengan makanan otak-otaknya, sementara Di Indonesia hidangan otak otak sering ditemukan di beberapa daerah sepanjang jalur Pantura ataupun daerah pesisir pantai.
Resep Makanan, resep otak otak goreng,resep otak otak tahu,resep otak otak bangka,resep otak otak bakar,resep otak otak makasar,resep otak otak bandeng,resep otak otak ayam,resep otak otak kukus,
Resep - Cara Membuat Otak Otak
Masakan otak otak di proses dari daging ikan tengiri yang dilumatkan lalu di beri bumbu. Selanjutnya daging ikan itu diisikan lagi dalam kulit ikan dan selanjutnya dimasak ataupun dipanggang menggunakan bungkus daun pisang. Hidangan enak ini dapat di nikmati begitu saja atau disertai saus asam pedas. Adakalanya digunakan sebagai lauk makan nasi. Tetapi kreasi otak otak berikut ini tidak di proses dengan dikukus maupun dipanggang, tetapi digoreng. Bahan bahan yang digunakan juga relatif sama dengan otak otak kukus. Cita rasanya enak dan nikmat sehingga anda harus mencoba resep berikut ini.

Bahan dan bumbu yang diperlukan :

1/4 kg daging ikan tengiri yang telah dilumatkan
1 butir telur, di ambil putihnya saja dan dikocok lepas
25 g tepung sagu
2 siung bawang putih yang dihaluskan
4 butir bawang merah ditumbuk halus
1 buah cabe merah ukuran besar, dikeluarkan bijinya dan dicincang lembut
25 cc santan berasal dari 1/4 butir kelapa
1 tangkai daun bawang, dirajang kecil kecil
1/4 sdt bubuk merica
1/2 sdt garam
1/4 sdt gula pasir

Bahan bahan untuk celupan yang semuanya diaduk rata :

50 g terigu
25 g tepung beras
1/4 sdt bubuk kaldu ayam
1/4 sdt bubuk merica
150 cc air es

Bahan bahan untuk saus kacang :

100 g kacang tanah yang digoreng lalu ditumbuk halus
2 helai daun jeruk di hilangkan tulang daunnya
1 sdt gula merah disisir
300 cc air

Bahan untuk bumbu halus :

4 buah cabe rawit merah
2 siung bawang putih yang digoreng
2 buah cabe merah keriting
1/4 sdt terasi yang digoreng
3/4 sdt garam



- Campurkan daging ikan tengiri ditambah putih telur hingga tercampur rata. Masukkan bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, santan, irisan daun bawang, garam, bubuk merica, gula pasir dan tepung sagu. Aduk-aduk sampai merata.

- Timbanglah adonan dengan masing-masing 20 g beratnya. Adonan kemudian diletakkan di atas plastik dan dipilin panjang. Sebelumnya plastik diolesi minyak agar adonan tak lengket. Adonan panjang tadi selanjutnya dikukus selama 1/4 jam hingga matang.

- Adonan yang sudah dikukus tadi dicelupkan ke ke adonan celupan. Panaskan minyak goreng dan goreng otak otak hingga matang.

- Membuat saus kacang, panaskan bahan-bahan saus kacang plus bumbu halus seraya diaduk-aduk hingga matang.

- Otak otak siap dihidangkan bersama siraman saus kacang. Selamat mencoba!