Resep - Cara Membuat Pancake Siram Cokelat

Tahun tahun belakangan ini, pancake sudah jadi makanan yang disukai kebanyakan orang. Kalangan ibu suka membekali buah hatinya dengan pancake. Anda bahkan bisa menjual kue ini sesudah dikombinasikan isi maupun kulitnya. Pancake adalah kue berbentuk bulat, tidak tebal dan datar. Terbuat dari adonan tepung terigu dan dimasak menggunakan wajan. Pancake sejatinya adalah roti cepat saji, dengan menggunakan bahan pengembang yakni baking powder, sedangkan lainnya ada pula yang menggunakan ragi. Pancake bisa di sajikan dengan menggunakan berbagai macam topping antara lain yang populer adalah aneka selai, buah-buahan, syrup, chocolate chips bahkan daging.
resep pancake keju,resep adonan pancake,cara membuat crepe dan pancake,resep pancake aneka rasa,resep pancake praktis,resep pancake pisang,resep pancake coklat,resep pancake durian,
Resep - Cara Membuat Pancake Siram Cokelat

Tampilan pancake dan teksturnya berbagai macam di beberapa negara. Masyarakat Jerman membuat pancake dari kentang. Di negara Perancis ada versi tipis yang disebut crepe. Di negara Belanda pancake disebut dengan pannekoek. Di samping pancake dengan rasa manis, ada juga pancake asin (savory) yang cocok dikombinasikan dengan ikan, sayuran, jamur, daging sapi, daging ayam dan sosis. Tentu masih dengan guyuran saus tomat, mayonais dan saus lain. Pada pancake jenis ini, gula bisa di hilangkan atau hanya dipakai sedikit saja.

Menggunakan bahan baku yang sama, bisa diolah sajian lain dengan nama yang juga lain. Sehingga wajar ditemukan di daftar menu pancake terdapat juga waffle. Walau demikian waffle lebih sering disajikan bersama sirup, mentega, madu ataupun es krim. Pancake ini bisa dimakan kapan pun, juga sebagai sarapan hingga menu makan malam. Pantas juga sebagai makanan pembuka, makanan utama hingga makanan penutup. Sampai-sampai pancake bisa juga sebagai kudapan. Pas disajikan untuk bayi sampai orang dewasa. Meski kebanyakan orang menduga pancake adalah makanan dari Barat, sebenarnya makanan semacam dan serupa pancake terdapat di beberapa wilayah didunia. Hanya saja, sebutannya yang lain.


Bahan bahan membuat pancake :

2 ons terigu
1, 5 sdm gula pasir
1/2 sdm baking powder
1/4 sdt garam
2 butir telur, dikocok
1/4 liter susu cair
30 g margarin, dilumerkan

Bahan bahan untuk saus :

150 cc susu cair
35 g gula pasir
1/8 sdt garam
10 g bubuk cokelat
50 g cokelat masak dilumerkan
1/2 sdt maizena dicampurkan menggunakan 1/2 sdt air



- Tepung terigu, gula pasir dan baking powder dicampur jadi satu dan diayak. Masukkan garam dan aduk-aduk kembali.

- Campurkan telur beserta susu cair. Kocok rata. Masukkan dalam adonan tepung terigu sedikit sedikit seraya diaduk-aduk.

- Tambahkan margarin leleh sedikit sedikit kemudian aduk perlahan-lahan.

- Tuangkan 1 sendok sayur adonan pada wajan datar. Tunggu sampai agak kering, balik dan tunggu sampai matang.

- Membuat saus, panaskan susu, garam, gula dan bubuk cokelat sembari diaduk-aduk hingga mendidih. Tuangkan larutan maizena. Aduk-aduk hingga mendidih. Matikan kompor. Masukkan cokelat masak leleh. Aduk sampai tercampur rata.

- Hidangkan pancake dengan saus.