Resep - Cara Membuat Pastel Enak dan Renyah

Makanan berwujud bulan sabit ini begitu populer. Dengan tepian yang berupa pilinan elok. Tengah tengah kue ini mengembung. Isi di dalamnya bisa berupa kentang, wortel, soon, irisan daun bawang, cincangan daging ayam ataupun telur rebus. Begitu renyah dicocol dalam sambal kacang pedas sedikit asam. Lezat menggoda lidah! Asal muasal camilan pastel ini masih belum jelas. Beberapa orang percaya bahwa pastel mendapat inspirasi dari makanan samosa dari India. Masyarakat Italy dan Brasil mengatakan bahwa pastel berawal dari makanan calzone goreng. Yang lain mengira-ngira bahwa camilan ini adalah variasi dari won ton goreng China, selanjutnya dikenalkan imigran Jepang di Brasil.
Resep Makanan, resep risoles,resep pastel renyah,resep pastel basah,resep pastel goreng,resep pastel tutup,resep pastel kering,resep kue pastel,resep kulit pastel,
Resep : cara membuat pastel enak dan renyah

Panganan ini memang populer di wilayah negara Hispanik juga Portugis. Di negeri Brasil pastel merupakan pastry tipis yang dibuat kotak panjang serupa amplop dan digoreng. bahan isi terdiri dari mozzarella, daging giling, bagian batang kelapa sebelah dalam, catupiry cream cheese, ebi dan daging ayam. Kecuali di Brasil, pastel pun populer di negara Spanyol, Portugal, Porto Rico, Filipina dan tentu saja Indonesia.

Di Indonesia, pastel sering dijajakan di pasar tradisional. Sama seperti pastel dari Brasil, akan tetapi modelnya 1/2 lingkaran dan tepi yang dipilin keriting. Sisi tengah mengembung sebab berisi sayuran, daging ayam, bihun atau soon dan ada kalanya telur. Pastel lezat jika dimakan langsung atau disertai cabe rawit, saus kacang ataupun saus sambal.

Bahan bahan kulit pastel :

250 gr tepung terigu
1 butir Telur
4 sdm margarin
60 cc air dingin
Garam sesuai selera

Bahan bahan isian pastel :

1 buah kentang iris kotak
2 buah wortel iris kecil
1 papan soon atau bihun diseduh air panas hingga lunak lalu ditiriskan. Tambahkan kecap 3 sdm sesudah kering
2 butir telur di rebus dan diiris kecil
2 lembar daun bawang
Garam sesuai selera
20 biji lada
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 gelas air masak
Minyak goreng untuk menggoreng 



- Untuk isi, ulek lada beserta garam hingga lembut, tambahkan bawang putih dan bawang merah ulek lagi sampai lembut. Tumis bumbu ulekan tadi beserta irisan daun bawang dan aduk rata. Sesudah setengah kering tambahkan irisan kentang dan wortel,air masak, aduk lagi dan sampai airnya kering, selanjutnya tambahkan bihun, aduk-aduk rata. Sisihkan.

- Untuk kulit, telur dikocok kemudian tambahkan tepung terigu, uleni beserta mentega, garam, air dingin hingga kalis.

- Giling adonan memakai gilingan kayu, buat tipis. Buat pastel menggunakan cetakan pastel

- Tambahkan bahan isian serta irisan telur rebus.

- Panaskan minyak goreng dan goreng pastel hingga kuning kecoklatan. Sisihkan.

- Pastel siap disantap selagi hangat ditemani cabe rawit, saus kacang ataupun sambel.