Resep - Cara Membuat Bakso Ikan Yang Menyegarkan

Makanan Bakso berasal dari kuliner Tionghoa Indonesia. Dibuktikan dari kata bakso yang bersumber dari kata Bak-So dari dialek Hokkien yang bermakna daging giling. Karena sebagian besar masyarakat Indonesia adalah orang muslim, oleh karenanya bakso lebih lazim terbikin dari daging halal contohnya daging sapi, daging ikan dan daging ayam. Sekarang ini, sebagian besar pedagang bakso datang dari daerah Wonogiri Jawa Tengah dan daerah Malang Jawa Timur. Tempat yang popular adalah sentra bakso adalah kota Solo dan kota Malang dengan sebutan Bakso Malang. Baik bakso Solo maupun bakso Malang adalah masakan yang disajikan dengan rasa khas Jawa. Bakso memang berasal dari negara China dan lain di banding bakso Malang dan bakso Solo.

Resep Masakan, Resep Makanan, resep kuah bakso, resep bakso sapi kenyal, resep bakso sapi, resep bakso solo, resep bakso ayam, resep bakso ikan, resep bakso kenyal, resep bakso goreng,
Resep - Cara Membuat Bakso Ikan Yang Menyegarkan
Bakso dari Cina biasanya di buat dari daging babi ataupun ikan laut dengan warna sedikit kecokelatan juga memiliki bentuk tidak begitu bulat. Mengenai bakso Malang dan bakso Solo di produksi dari daging sapi, memiliki warna abu abu dengan bentuk bulat. Bakso dari Cina biasanya tidak disajikan bersama kuah banyak, lain dengan bakso Malang dan bakso Solo yang disajikan bersama kuah yang banyak. Meskipun belum sepopuler bakso dari daging sapi, tetapi bakso ikan juga memiliki cita rasa yang khas dan segar. Bakso ikan tidak hanya nikmat menjadi camilan, tapi bisa juga disajikan bersama kuah dengan aroma daging ayam. Sensasi dan rasanya benar-benar dapat membuat lidah bergoyang. Ingin tahu cara membuat bakso ikan yang enak dan menyegarkan? Simak yang di bawah ini :

Bahan bahan bakso ikan yaitu :

300 gr daging ikan tenggiri yang telah digiling halus.
2 butir telur ayam.
4 sendok makan tepung sagu.
2 sendok makan tepung terigu.
4 buah bawang putih dihaluskan.
1 sendok teh garam atau sesuai dengan keperluan.
1/2 sendok teh merica bubuk.

Bahan bahan untuk kuah :

200 ml air kaldu ayam.
1 sdt garam.
1/2 sendok teh merica bubuk.
2 sendok makan kecap ikan.
200 gr sawi hijau.
3 batang daun bawang. 



- Cara membuat bakso, campurkan daging ikan giling bersama telur, tepung sagu plus tepung terigu. Kocok sampai rata. Masukkan bawang putih, garam serta merica bubuk, kemudian uleni sampai jadi adonan yang mudah dibentuk. Nyalakan api dan panasi minyak dalam wajan. Buat adonan menjadi bulat-bulat menggunakan pertolongan dua buah sendok kemudian goreng dengan minyak panas sampai masak lalu Angkat.

- Cara membuat kuah bakso, masak sampai mendidih air kaldu, tambahkan garam, merica serbuk plus kecap ikan. Aduk aduk sampai tercampur merata. Paling akhir, masukkan sawi hijau kemudian aduk sampai layu. Angkat. Tempatkan bakso ikan dalam mangkuk, tuangkan kuah panas, hidangkan selagi hangat dengan ditambah saus sambal ataupun saus tomat. Resep tadi untuk 4 orang.