Resep - Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Yang Sedap

Bubur kacang ijo merupakan jenis makanan penutup dengan rasa manis khas Indonesia dan Malaysia yang terbuat dari kacang hijau dengan santan dan gula aren atau gula tebu. Kacang di rebus hingga lunak, kemudian gula dan santan ditambahkan. Bubur kacang ijo ini terkadang disebut hanya sebagai kacang ijo. Selain di sajikan sebagai makanan penutup atau camilan, bubur kacang ijo juga sebagai pilihan favorite untuk sarapan atau alternatif menu makan malam. Di Indonesia warung yang khusus menjual bubur kacang ijo biasanya banyak diketemukan menjual dagangan mereka di sepanjang jalan. Para pedagang bubur kacang ijo itu pun melengkapi menu dagangan mereka dengan roti bakar, telur rebus setengah masak dan mie instan rebus.

Resep Bubur, resep bubur kacang ijo tanpa santan, resep bubur kacang ijo ketan hitam, resep bubur kacang ijo untuk bayi, kacang ijo enak, kacang ijo ncc, kacang ijo pake susu, kacang ijo khas madura,
Resep - Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Yang Sedap
Jenis yang paling dasar dari bubur kacang ijo hanya terdiri dari kacang hijau, santan dan gula aren. Namun di sebagian besar daerah di Indonesia, bubur kacang ijo selalu disajikan bersama ketan hitam dan disertai dengan potongan potongan roti tawar. Beras ketan hitam juga bisa dibuat sebagai bubur manis seperti bubur ketan hitam. Kadang-kadang bubur kacang ijo juga ditambahkan daging durian. Umumnya bubur kacang ijo disajikan hangat, namun ada juga pembeli yang meminta disajikan dingin dengan ditambahkan es batu dan dinamakan dengan es bubur kacang ijo.

Anda pun bisa membuat sendiri bubur kacang ijo dirumah. Tapi sebelum itu siapkan dulu bahan bahan yang dibutuhkan. Tidak banyak kok jenis bahannya. Cara membuat bubur kacang ijo pun terbilang tidak susah dan tidak perlu waktu lama. Yang perlu diingat dalam membuat bubur kacang ijo yaitu janganlah merebus kacang hijau bareng dengan gula aren. Kacang hijau tidak bakalan mekar meskipun dimasak sampai lama. Masak dulu kacang hijau hingga mekar, setelah itu baru dimasukkan gula aren.

Bahan bahan :

200 g kacang hijau yang bersih tanpa kotoran terikut
2 liter air
1 sdt garam
2 ruas jari jahe dibakar lalu dikupas dan dimemarkan
300 g gula pasir
2 sdm tepung kanji yang dicampurkan bersama 2 sendok makan air
300 g cincau hitam yang dipotong kotak kotak kecil
300 g tape singkong dipotong kecil.
1 liter santan dari sebutir kelapa
4 sdt tepung beras yang dicampurkan dengan 4 sdt air sebagai pengental
4 potong nangka yang dipotong kecil kecil


  • Masak kacang hijau bersama air hingga empuk dan merekah. Tambahkan garam, jahe memar serta gula pasir. Rebus hingga mendidih.
  • Tambahkan larutan tepung kanji. Rebus lagi hingga bergelembung gelembung dan kemudian sisihkan.
  • Untuk membuat kuah santan, masak santan bersama garam sembari diaduk. Tambahkan larutan tepung beras. Rebus lagi hingga bergelembung. Sisihkan dan tambahkan nangka.
  • Hidangkan bubur kacang ijo bersama cincau, tape, dan tuangkan kuah santan. Siap dinikmati selagi panas.