Resep - Cara Membuat Cimol Enak Dan Gurih

Coba apa yang terbesit pada benak anda saat mendengar kata cimol? Apakah kepanjangan dari Cibadak mal? Bukan, cimol adalah panganan khas kota Tasikmalaya yang akhirnya banyak dijajakan di wilayah Bandung dan kota kota sekitar. Cimol sendiri merupakan singkatan aci digemol di mana dalam dialek Sunda maksudnya adalah tepung aci yang di buat bentuk bulat kecil kecil. Citarasa cimol hampir serupa cireng, kenyal saat dikunyah. Cireng kepanjangan dari aci digoreng, jelas sama rasanya dengan cimol yang juga digoreng. Hanya beda penyajian saja.

resep cimol enak, resep cimol goreng, resep cimol gurih, resep cimol isi, resep cimol kering, resep cimol kering terbaru, resep cimol sederhana, resep cireng, Resep Kue,
Resep - Cara Membuat Cimol Enak Dan Gurih
Bahan topping untuk cireng biasanya memakai campuran basah seperti daging, oncom, bakso, keju, dan lainnya yang dimasukkan dalam adonan tepung ketika akan digoreng. Tapi ada pula cireng tanpa isi yang kerap dijajakan penjual gorengan pinggir jalan. Sementara cimol disajikan beserta topping yang berujud serbuk contohnya serbuk rasa keju, bawang, pizza, barbeque, dan yang lain. Tidak lupa dilengkapi dengan cabai yang juga dalam bentuk serbuk. Delicious.

Cimol memiliki rasa gurih oleh sebab itu sangat disukai masyarakat terlebih anak-anak. Terlihat sekarang ini banyak didapati pedagang cimol di sekitar halaman sekolah. Tidak hanya anak anak saja, akan tetapi cimol juga disenangi para orang dewasa. Selain rasanya yang gurih, saat digigit juga terasa kenyal, itulah yang membuat rasanya semakin nikmat. Hal tersebut yang juga jadi satu di antara daya tarik dan karakteristik jajanan cimol ini. Minat untuk mencoba membuatnya? Simaklah resep cara membuat cimol yang di bawah ini :

Bahan bahan pembuat cimol :

600 g tepung sagu
6 sdm tepung beras
4 sdm tepung terigu
1, 5 sendok teh baking soda
Bubuk merica secukupnya saja
Garam secukupnya

  • Sediakan baskom ukuran besar selanjutnya campur seluruh bahan di atas.
  • Tambahkan sedikit sedikit air panas seraya diuleni menggunakan sendok sampai adonan kalis dan gampang dibentuk.
  • Ambil sejumlah kecil adonan dan buat bentuk bulat kecil sebesar kelereng. Setelah adonan habis dibuat bulat bulat kecil selanjutnya goreng menggunakan api kompor yang kecil sampai mengembang.
  • Hidangkan bersama bubuk cabai atau bumbu bubuk rasa lain menurut keinginan anda. Boleh juga menggunakan saus sambal atau saus tomat.
Cara membuat cimol di atas ternyata tidak sulit dan praktis. Anda bisa membuatnya kapan saja bila anda menginginkannya. Selain rasa yang lebih lezat dari cimol yang dijajakan di pinggir jalan, cimol buatan sendiri juga lebih higenis. Cocok untuk cemilan seluruh keluarga anda. Nah selamat mencoba ya!