Resep - Cara Membuat Donat Lembut Dengan Mudah

Donat merupakan satu di antara makanan yang disukai segala usia. Di samping rasanya yang lezat juga tekstur yang lembut. Sejarah donat masih jadi perdebatan. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa donat dibawa menuju Amerika Utara oleh para imigran Belanda yang memperkenalkan juga makanan penutup lain, Sama : kue kering, cream pie dan cobbler. Mitos lain mengatakan bahwa donat di buat oleh seorang kapten kapal dari Denmark yakni Hanson Gregory. Hanson Gregory sering menyetir kapal memakai sepasang tangannya karena kapal sering dihantam badai. Kue yang disantap saat lagi menyetir kapal ditusukkan pada kemudi kapal, akibatnya kue jadi bolong. Dan memang biasanya bagian tengah kue belum begitu masak. Dari peristiwa itu donat sengaja di ciptakan mempunyai lubang di dalam agar permukaan donat masak dengan rata saat digoreng.
Resep Kue, resep donat dunkin, resep donat jco, resep donat empuk, resep donat kampung, resep donat kentang mini, resep donat kentang empuk, resep donat kentang,
Resep - Cara Membuat Donat Lembut
Kata donat pada ejaan bahasa Inggris dinamakan juga dengan doughnut, sementara masyarakat Amerika lazim menuliskan kata donat dengan donut. Kata donut kali pertama dipakai pada sebuah artikel harian Los Angeles Times pada 10 Agustus 1929. Penulis artikel yaitu Bailey Millard dengan berseloroh menuliskan kalimat dalam artikelnya "can't swallow the 'wel-dun donut' nor the ever so 'gud bred'," sebagai sindiran dengan kemampuan mengeja masyarakat Amerika yang kian merosot. Produsen donat terkemuka Dunkin' Donuts yang dibangun pada thn. 1940 dengan nama pertamanya Open Kettle di daerah Quincy, Massachusetts, Amerika adalah perusahaan donat tertua yang menuliskan kata donat dengan donut, kendati sesungguhnya perusahaan Mayflower Donut Corporation yang dibentuk pasca Perang Dunia II adalah perusahaan pertama yang menuliskan kata donat dengan donut.

Donat yang enak umumnya memiliki tekstur yang lembut. Untuk membuat donat dengan tekstur lembut sebenarnya tidak sulit. Donat lembut tergantung dari bahan yang dipakai. Berikut cara membuat donat lembut :

Bahan bahan yang dibutuhkan :

300 ml air
3/4 kg tepung terigu bagus
3/4 bungkus ragi kemasan 11 g
6 sdm gula pasir
5 sdm butter
5 sdm susu bubuk atau bisa juga susu kental manis
3 sdt garam
3 butir telur
Gula halus untuk taburan donat


  • Mixer atau kocok telur, selanjutnya tambahkan gula pasir, susu bubuk, butter, garam serta tepung terigu. Kocok lagi sampai merata.
  • Larutkan ragi dalam air, aduk hingga larut kemudian tambahkan pada adonan. Uleni adonan sampai kalis dan biarkan dengan wadah tertutup kurang lebih 20 menit mencapai adonan donat mengembang.
  • Ambil 1 sdm adonan dan buat bulatan, tempatkan pada wadah yang sudah diberi taburan tepung terigu supaya adonan tak lengket. Lakukan untuk semua adonan. Biarkan 20 menit sampai bulatan bulatan tadi agak mengembang.
  • Panaskan minyak goreng, sebelum digoreng, buat lubang di tengah bulatan lalu goreng menggunakan api kecil sampai warnanya menjadi kecoklatan. Ambil dari wajan dan dinginkan.
  • Taburi donat menggunakan gula halus dan donat saatnya disajikan.